Jumat, 20 Juni 2014

Cara Membuat Jaringan Lan Sendiri Windows 8

INI ADALAH CARA YANG PALING MUDAH

 Postingan kali ini membahas bagaimana caranya membuat wi-fi untuk sharing koneksi internet yang anda miliki kepada orang lain/perangkat lain. Seperti halnya ketika anda menggunakan modem, mungkin saja teman anda tidak memiliki modem tapi menginginkan koneksi internet cara berbaginya adalah seperti cara yang kita bahas kali ini. Melalui command prompt anda dapat mengaktifkan virtual wi-fi di Windows 8 (di Windows 7 juga bisa).

Dan melalui command prompt juga anda dapat mengatur nama untuk wi-fi anda dan password-nya sekaligus. Dengan sedikit setting di Network Connection anda, maka virtual wi-fi langsung dapat digunakan. Syaratnya tentunya anda harus punya koneksi anda sendiri, dalam hal ini saya mempunyai koneksi dari modem Smartfren. Namun, jenis koneksi tidak mempengaruhi dalam proses setting virtual wi-fi ini. Untuk dapat membuat sebuah virtual wi-fi yang dimiliki Windows, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Anda dapat mencoba melihat apakah sistem operasi anda mendukung virtual wi-fi ataukah tidak. Buka command prompt dalam mode Administrator, caranya klik kanan di pojok kiri bawah, pilih Command Prompt (Admin). Ketikan perintahnetsh wlan show drivers, perhatikan gambar berikut ini.
Command Prompt As Admin
Command Prompt (Admin)
Check Support Hosted Network
Check Support
  • Jika menunjukan hasil seperti gambar diatas berarti sistem operasi anda mendukung virtual wi-fi. Kemudian langkah selanjutnya membuat virtual wi-fi itu sendiri. Formatnya netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama_wifi key=isi_dengan_password. Misal saya membuatnya seperti ini netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Internet key=katakunci123 kemudian tekan enter. Perhatikan gambar berikut.
Buat Virtual Wi-Fi Sesuai Kehendak Anda
Buat Virtual Ei-Fi Anda
  • Dengan begini, virtual wi-fi telah dibuat, namun belum diaktifkan. Cara mengaktifkannya yaitu dengan perintah netsh wlan start hostednetwork. Perhatikan gambat berikut.
Aktifkan Virtual Wi-Fi Yang Baru saja Dibuat
Aktifkan Virtual Wi-Fi
  • Walaupun virtual wi-fi telah dibuat dan telah aktif, namun anda belum dapat menikmati koneksi wi-fi yang anda buat. Anda harus mengatur sharing connection yang anda punya ke virtual wi-fi yang anda buat. Klik kanan pada icon koneksi anda, kemudian klik Open Network and Sharing Center.
Kemudian klik Open Network and Sharing Center
Open Network and Sharing Center
  • Masuk ke Change adapter settings, klik kanan di koneksi anda yang sedang anda gunakan, pilih Properties.
Klik Change Adapter Settings
Change Adapter Settings
Pilih Properties
Pilih Properties
  • Pilih tab Sharing, kemudian pada Home networking connection pilih virtual wi-fi yang baru saja anda buat. Di komputer saya bernama Local Area Connection* 12, dapat saja di komputer anda namanya berbeda (biasanya memang berbeda). Akan ada box peringatan, klik OK.
Pilih Koneksi Virtual Wi-Fi
Pilih Koneksi Virtual Wi-Fi Anda
Klik OK untuk melanjutkan
Klik OK
  • Kemudian klik Settings, dan pilih service apa saja yang dapat dipakai oleh pengguna virtual wi-fi anda. Disini saya checkbox untuk koneksi internet saja HTTPdan HTTPS
Masuk ke Pengaturan Services
Masuk ke Pengaturan
Pilih Services sesuai keinginan/kebutuhan anda
Pilih Services sesuai keinginan anda
  • Klik OK. Kemudian klik OK lagi, anda akan menemukan peringatan bahwa pengaturan tidak akan diterapkan sebelum anda matikan koneksi anda dan mengaktifkannya lagi. Klik OK.
Klik OK
Klik OK lagi
  • Untuk mengakhiri koneksi virtual wi-fi anda gunakan perintah netsh wlan stop hostednetwork.
  • Untuk mengganti nama virtual wi-fi anda gunakan perintah netsh wlan set hostednetwork ssid=nama_baru
  • Untuk mengganti password virtual wi-fi anda gunakan perintah netsh wlan set hostednetwork key=password_baru
Setelah anda setting seperti diatas, maka virtual wi-fi anda siap digunakan. Jika belum bisa, cobalah restart koneksi anda baik disisi virtual wi-fi yang anda buat, maupun di koneksi internet yang anda miliki untuk disharing.

Menonaktifkan/Menghapus Virtual Wi-Fi Anda

Untuk menonaktifkan/menghapus virtual wi-fi anda gunakan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=disallow, dengan terlebih dahulu menonaktifkan virtual wi-fitersebut jika sedang aktif.
Mudah bukan untuk membuat virtual wi-fi anda sendiri? Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.